Berhubungan dengan dunia pendidikan atau dunia kerja, kita tidak akan pernah lepas yang namanya interview atau yang kita kenal wawancara. interview dalam kerja ini bisa dijalni oleh seorang untuk melnjutkan sebuah jnjang pendidikan kepergruan tinggi atau ntuk seorang yang kanmelamar pekerjaan de sebuah perusaan besar maupun kecil..
interview ataupun wawancara merupakan untuk tes yang tidak kalah pentingnya dalam menetukan apakan diterima apa tidaknya untk bekerja, setelah melewati tahapan sebah tes ata psikotes hal ini dikarenakan pihak HRD ( Human Resorce Development ) dari sebuah prusahaan yang kita lamrkan mengetahui bagai mana sikap kiat prilaku dan kemampuan kita bisa cepat berdapatasi dengan suasana alaur yang ada pada setiapperusahaan tersebut..
Didalam tahap interview, pihak prusahaan akan mengetaui diri kita seberapa cepat dan tanggapannya seoarng yang akan lamar kerja dalam mengambil sebuah keputusan dari kita, ketika untuk memecahkan berbagi permasalahan selalu ada dalam dunia pekerjaan, salah satu faktor maju mundurnya sebuah prusahaan itu tergantung pada kinerja karyawan, maka dari itu proses interview jadi sangat penting diadakan dan selalu di andalkan oleh pihak prusahaan agar tidak salah mengambil keputusan dalam memilih seorang yang nantinya jadi karyawan di prusahaan tersebut..
Tip Lancar saat interview
Umumnya orang banyak akan mengalami rasa takut, palagi bagi seorang yang baru pertama kali melamr pekerjaan, dari sinilah tidak sedikti banyak seorang yang gagal menjalani tahap-tahap tersebut maka dari itulah bagi kitayang akan hadapi interview, perhatikan ada 7 cara supaya kita lebih bisa memaksimalkan ketika akan mengahadpai interview..
1. Memperhatikan penampilan kita
Pertama ketika kita menjalani sebuah interview dalam dunia kerja adalah memperhatikan bagai mana penampilan diri sendiri. Penampilan kita sendri itu memang sabgat penting ketika kita akan melakukan sebah interview diperusaan. Karena hal yang di lihat oleh orang yang akanmelakukan interview itu adalah dari penampilan kita sendiri..
Disarankan pada saat kita interview, kita harus memakai pakaian yang formal sperti halnya kemeja yang warnanya cerah tetapi tidakterlalu mencolok. Sebaiknya kita tidak memakai celana jeans, agar supaya kita selalu terlihat rapi baik itu dari segi pakaian maupun dari hal yang mendukung proses penilaian yang akan diberikan oleh pihak prusahaan..
2. Usahakan Untuk Datang Lebih Awal
Kedua kita usahakan untuk datang lebih awal dari waktu yang telah di tentukan oleh prusahaan, jangan sampai membuat orang yang akan menunggu kita untuk interview, nantinya akan mengurangi poin penilaian terhadap aspek kedisiplinan..
Datang lebih awal, maka kita dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin dan bisamengatur sebuah emosi dan serta mengontrol stres yang tidak perlu, dan mengumpulkan pikiran positif kita agar bisa tetap selalu fokus, agar semuanya dapat berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang kita harapkan dari prusahaan..
3. Bersikap Sopan dan Tegas.
Stelah kita mempersiapkan dengan baik, ketika di panggil untuk masuk keruangan interview, terlebihdahulu kita harus mengetuk pintu dan ucapkan salam. ketika kita dipersilahkan untuk masuk maka segeralah untuk menjabat tangan dari pewawancara dengan tegas.
Jabat tangan dengan tegas maksudnya untuk menunjukan rasa antusiasi pelamar atas lowongan dan proses interview yang akan berlangsung. jangan lupa selalu memberikan wajah yang penuh senyum,ramah terhadap pewawancara supaya dapat menjadi poin penilaian tambahan nantinya. Tidak di anjurkan untuk membawa masalah dari luar ketika kita akan melakukan proses wawancara karena akan berakibat fatal terhadap drikita sendiri..
4. Menjawan Pertanyaan dengan Jelas dan Singkat.
Suatu ketika proses interview berlangsung, usakan agar kita selalu melakukan kontak mata dengan pihak wawancara, jangan membuat tatapan yang kosong di dalam pikiran kita palagi sampai melamun. Kontak mata kita sendiri memiliki fungsi untuk memberikan pandangan bahwa kita orang yang sangat serius untuk mendapatkan pekerjaan pada posisi ayng kita inginkan..
Apabila kita telah masuk pada sesi pertanyaan, berilah jawaban yang singkat,padat dan juga jelas. karena jika kita memberikan jawaban yang cukup panjang dan lebar,brbelit-belit tetapi tidak menuju inti dari jawaban pertanyaan tersebut, maka akan mebuang waktu dan bisa jadi mengurangi poin kita untuk penilaian di mata pewawancar,.
Jawaban yang kita berikanpanjang lebar itu akan menciptakan kesan bahwa kita tidak memahami dan menagkap tujuan pertanyaan yang telah diberikan pewawancara kepada kita. bahkan dapat menimbulkan pertanyaan yang baru sehingga membingungkan bagi yang mewawancara..
5. Menciptkan Suasana yang Nyaman
Menciptakan suasana nyaman dengan pewawancara, ajukanlah pertanyaan yang berhubungan dengan pekerjaan yang kita lamar. Contohnya. kita ingin tahu lebih detail tentang prusahaan dari segi kegiatan kerja yang harus dilakukan dan diikuti. dengan pertayaan seperti ini kita akan lebih dekat dengan pewawancara..
6. Lihatkanlah Semangat dan Antusiasi kerja.
Berikanlah keyakinan dirikita terhadap pihak persahaan bahwa kita memberikan kontribusi lebih untuk bisa memajukan perusahaanm ingin terus bejerja keras agar dapat mewujudkannya. Tahapan ini kita juga harus lebih pintar dalam menjual kemampuan yang ada pada diri kita terhadap perusahaan dimana ditempat kita bekerja, agar pewawancara yankin dengan kemampuan yang kita miliki, lihatkanla semangat kita untuk bekrja untuk meberikan kemajuan dan manfaat yang lebih baik terhadapa pewawancara..
7. Ucapakan Terimakasih Interviewkerja.
Ucapan terimaksih it sangat perlu ketika sedang menjalani interview kerja dengan meyakinkan dirikita dan membuat resum dari proses interview, Ketika kita akan mengakhiri sebuah jalanya interview yakinkanlah terhadap dirikita apakah sudah cukup dan tidak ada yang ingin ditanyakan lagi di prihal pekerjaan kita nantinya. ini dilakukan karena ketika kita sudah meninggalkan ruangan supaya tidak merasa bingung dan menggantung,akibatnya apabila kita telah resmi masuk kerja kita tidak bisa mengikuti semunya dengan baik..
Bila kita rasanya sudah cukup, maka kita ucapkanlah terimaksih kepda pihak pewancara karena memberikan kesempatan m=bisa menjelaskan tentang kemampuan berfikir dan informasi mengenai diri pribadi sehingga kita dapat menjadi bahan pertimbangan untuk dapat di terima kerja di perusahaan yang telah kita lamar..
Pertama ketika kita menjalani sebuah interview dalam dunia kerja adalah memperhatikan bagai mana penampilan diri sendiri. Penampilan kita sendri itu memang sabgat penting ketika kita akan melakukan sebah interview diperusaan. Karena hal yang di lihat oleh orang yang akanmelakukan interview itu adalah dari penampilan kita sendiri..
Disarankan pada saat kita interview, kita harus memakai pakaian yang formal sperti halnya kemeja yang warnanya cerah tetapi tidakterlalu mencolok. Sebaiknya kita tidak memakai celana jeans, agar supaya kita selalu terlihat rapi baik itu dari segi pakaian maupun dari hal yang mendukung proses penilaian yang akan diberikan oleh pihak prusahaan..
2. Usahakan Untuk Datang Lebih Awal
Kedua kita usahakan untuk datang lebih awal dari waktu yang telah di tentukan oleh prusahaan, jangan sampai membuat orang yang akan menunggu kita untuk interview, nantinya akan mengurangi poin penilaian terhadap aspek kedisiplinan..
Datang lebih awal, maka kita dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin dan bisamengatur sebuah emosi dan serta mengontrol stres yang tidak perlu, dan mengumpulkan pikiran positif kita agar bisa tetap selalu fokus, agar semuanya dapat berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang kita harapkan dari prusahaan..
3. Bersikap Sopan dan Tegas.
Stelah kita mempersiapkan dengan baik, ketika di panggil untuk masuk keruangan interview, terlebihdahulu kita harus mengetuk pintu dan ucapkan salam. ketika kita dipersilahkan untuk masuk maka segeralah untuk menjabat tangan dari pewawancara dengan tegas.
Jabat tangan dengan tegas maksudnya untuk menunjukan rasa antusiasi pelamar atas lowongan dan proses interview yang akan berlangsung. jangan lupa selalu memberikan wajah yang penuh senyum,ramah terhadap pewawancara supaya dapat menjadi poin penilaian tambahan nantinya. Tidak di anjurkan untuk membawa masalah dari luar ketika kita akan melakukan proses wawancara karena akan berakibat fatal terhadap drikita sendiri..
4. Menjawan Pertanyaan dengan Jelas dan Singkat.
Suatu ketika proses interview berlangsung, usakan agar kita selalu melakukan kontak mata dengan pihak wawancara, jangan membuat tatapan yang kosong di dalam pikiran kita palagi sampai melamun. Kontak mata kita sendiri memiliki fungsi untuk memberikan pandangan bahwa kita orang yang sangat serius untuk mendapatkan pekerjaan pada posisi ayng kita inginkan..
Apabila kita telah masuk pada sesi pertanyaan, berilah jawaban yang singkat,padat dan juga jelas. karena jika kita memberikan jawaban yang cukup panjang dan lebar,brbelit-belit tetapi tidak menuju inti dari jawaban pertanyaan tersebut, maka akan mebuang waktu dan bisa jadi mengurangi poin kita untuk penilaian di mata pewawancar,.
Jawaban yang kita berikanpanjang lebar itu akan menciptakan kesan bahwa kita tidak memahami dan menagkap tujuan pertanyaan yang telah diberikan pewawancara kepada kita. bahkan dapat menimbulkan pertanyaan yang baru sehingga membingungkan bagi yang mewawancara..
5. Menciptkan Suasana yang Nyaman
Menciptakan suasana nyaman dengan pewawancara, ajukanlah pertanyaan yang berhubungan dengan pekerjaan yang kita lamar. Contohnya. kita ingin tahu lebih detail tentang prusahaan dari segi kegiatan kerja yang harus dilakukan dan diikuti. dengan pertayaan seperti ini kita akan lebih dekat dengan pewawancara..
6. Lihatkanlah Semangat dan Antusiasi kerja.
Berikanlah keyakinan dirikita terhadap pihak persahaan bahwa kita memberikan kontribusi lebih untuk bisa memajukan perusahaanm ingin terus bejerja keras agar dapat mewujudkannya. Tahapan ini kita juga harus lebih pintar dalam menjual kemampuan yang ada pada diri kita terhadap perusahaan dimana ditempat kita bekerja, agar pewawancara yankin dengan kemampuan yang kita miliki, lihatkanla semangat kita untuk bekrja untuk meberikan kemajuan dan manfaat yang lebih baik terhadapa pewawancara..
7. Ucapakan Terimakasih Interviewkerja.
Ucapan terimaksih it sangat perlu ketika sedang menjalani interview kerja dengan meyakinkan dirikita dan membuat resum dari proses interview, Ketika kita akan mengakhiri sebuah jalanya interview yakinkanlah terhadap dirikita apakah sudah cukup dan tidak ada yang ingin ditanyakan lagi di prihal pekerjaan kita nantinya. ini dilakukan karena ketika kita sudah meninggalkan ruangan supaya tidak merasa bingung dan menggantung,akibatnya apabila kita telah resmi masuk kerja kita tidak bisa mengikuti semunya dengan baik..
Bila kita rasanya sudah cukup, maka kita ucapkanlah terimaksih kepda pihak pewancara karena memberikan kesempatan m=bisa menjelaskan tentang kemampuan berfikir dan informasi mengenai diri pribadi sehingga kita dapat menjadi bahan pertimbangan untuk dapat di terima kerja di perusahaan yang telah kita lamar..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar