Etika( yunani Kuno" Ethokos" yang berati yang timbul dari kebiasaan") yaitu Sesuatu dimana dan bagai mana cabang utama yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai penilaian atau moral.
sumber daya yang dinamis oleh sebuah startup merupakan usatu komponen pokok yang tidak dapat kita hindari, Dengan teknologi pasti kita tidak akan lepas dari sebuah eksprimen dan akan selalu menguji segala suatu hal yang telah kita buat, memulai dari platfrom yang tepat dan kebutuhan pengguna modal bisnis yang tepat.
Ada kesalahan dalam memilih karyawan yaitu yang sering terjadi. kita pasti akan dihadapkan sebuah kondisi dimana harus memberhentikan seorang karyawan atau membiarkannya berlanjut dengan beresiko strtup maka kita akan hancur..
Kehilangan sebuah pekerjaan ialah hal yang tidak di inginkan seomua aorang termasuk karyawan. Namun hal tersebut dapat kita jadikan jika melakukan kesalahan pada karyawan kita, jangan pernah ragu untuk melakukan sebuah tindakan yang tegas jika seorang karyawan kita melakukan kesalahan yang mengakibatkan reputasi kita hancur..Berikut ini ada 4 hal ietika memberhentikan karyawan dengan cara yang baik..
1. Melakukan Sistem Rank dan Yank.
Salah satu manajer yang terkenal sepanjang masa, Jack welch mempopulerkan sebuah sitem rank dan yank. Sitem ini kan mengelompok manajer timnya dalam tiga katagori. Top 20%, Middle 70% Bootom 10%.
Perosnel yang berda posisi Midldle 70% wajib diberikan pembinaan dan pelatihan. Tugas manager termasuk menjaga mereka termotivasi dalam bekerja agr tidak tertekan dengan adanya sistem sperti ini. Pada posisi Botton 10% ialah semua orang yang harus pergi. Meskipun terkesan ini relatif radikal dan keras namun hal ini sangat memberikan sebuah keuntungan pada prusahaan.
1.Sistem Ini memberikan penjenjalasan kepada karyawan tentang budaya kerja di prusahaan kita, Ini adalah casebagai cara kerja prusahaan dan sejak awal karyawan tentu sudah tahu yang terjadi jika ia tidak menunjukan performa kerjanya sndiri..
2.Mikanisme akan memberikan paksaan bagi setiap manager untuk mengahpus para anggota/ karyawan mereka yang bekinerja terburuk, dengan kebijakan ini, Tidak mungkinkah untuk para manager menunda kepe putusan yang menyebabkan underperformer bertahan selama bertahun-tahun, karna hal ini juga memaksa manager memberikan pembinaan kepada yang berbeda dipringkat tengah karena bagaimanapun juga kehilangan karywan akan berdampak buruk.
2. Meberikan standar Pekerjaan yang jelas.
Harusla memeiliki ekspektasi yang jelas dari pkaryawan dan umpan balik yang jujur terhadap karyawan, Jiak sejak dari awal sudah menetukan sebuah standar yang jelas dan sitem penilayan terbuka dan jelas, maka dalam situasi seperti itu tidak ada yang perlu diherankan jika karyawan dengan kinerja buruk dalam peringkat terbawah, harus pergi.
3. Memberika Peringatan.
Memberikan sebuah peringatan terhadap karyawan kita jika mereka melakukan sebuah kesalah terhadap pekerjaan. jangan menunggu sampai kesalahn meraka membuat prusahaan kita rugi. peringatan ini kan memberikan sebuah efek yang sangat cukup baik, dengan begitu karyawan kita merakan diperhatikan apa yang ia keerjakan, merekapun akan meningkat jika kita memberikan peringatan dengan penjelasan yang dappat merka pahami dan di mengerti.
4. Menjaga Hubungan Pasca Pemecatan.
Jikia kita melakukan sebuah pemecatan dengan cara yang buruk kepada karyawan maka hal tesebut dapat mengakibatkan beberpa efek samping yang merugikan moral dan loyalitas dari sisa karyawan, lakukanlah dengan peroses yang baik dan kominikasi dengan karyawan dan seluruh personel prusahaan kita , supaya tidak ada yang merasa dirugikan agar pekerjaanakan tetap tetap terjaga dengan sangat baik.
Jika kita memecatkan karayawan dengan cara memalukan, maka karyawan yang lain akan berfikri mereka juga akan dipermalukan dengan hal yang sama, jika kita kebetulan memalukan seorang karyawan dan teman baik merka, maka mereka akan mulai membenci kita, Hal penting untuk kita sadari bahwa karyawan yang tersisa juga akan kawatir dengan nasib meraka, ini akan memperngaruhi kenerja time dan outpu mereka, dan tidak mungkin bahawa startup kita akan mengalami sebuah kemunduran yang sangat signifikan, hal tersebut terjadi..
sumber daya yang dinamis oleh sebuah startup merupakan usatu komponen pokok yang tidak dapat kita hindari, Dengan teknologi pasti kita tidak akan lepas dari sebuah eksprimen dan akan selalu menguji segala suatu hal yang telah kita buat, memulai dari platfrom yang tepat dan kebutuhan pengguna modal bisnis yang tepat.
Ada kesalahan dalam memilih karyawan yaitu yang sering terjadi. kita pasti akan dihadapkan sebuah kondisi dimana harus memberhentikan seorang karyawan atau membiarkannya berlanjut dengan beresiko strtup maka kita akan hancur..
Kehilangan sebuah pekerjaan ialah hal yang tidak di inginkan seomua aorang termasuk karyawan. Namun hal tersebut dapat kita jadikan jika melakukan kesalahan pada karyawan kita, jangan pernah ragu untuk melakukan sebuah tindakan yang tegas jika seorang karyawan kita melakukan kesalahan yang mengakibatkan reputasi kita hancur..Berikut ini ada 4 hal ietika memberhentikan karyawan dengan cara yang baik..
1. Melakukan Sistem Rank dan Yank.
Salah satu manajer yang terkenal sepanjang masa, Jack welch mempopulerkan sebuah sitem rank dan yank. Sitem ini kan mengelompok manajer timnya dalam tiga katagori. Top 20%, Middle 70% Bootom 10%.
Perosnel yang berda posisi Midldle 70% wajib diberikan pembinaan dan pelatihan. Tugas manager termasuk menjaga mereka termotivasi dalam bekerja agr tidak tertekan dengan adanya sistem sperti ini. Pada posisi Botton 10% ialah semua orang yang harus pergi. Meskipun terkesan ini relatif radikal dan keras namun hal ini sangat memberikan sebuah keuntungan pada prusahaan.
1.Sistem Ini memberikan penjenjalasan kepada karyawan tentang budaya kerja di prusahaan kita, Ini adalah casebagai cara kerja prusahaan dan sejak awal karyawan tentu sudah tahu yang terjadi jika ia tidak menunjukan performa kerjanya sndiri..
2.Mikanisme akan memberikan paksaan bagi setiap manager untuk mengahpus para anggota/ karyawan mereka yang bekinerja terburuk, dengan kebijakan ini, Tidak mungkinkah untuk para manager menunda kepe putusan yang menyebabkan underperformer bertahan selama bertahun-tahun, karna hal ini juga memaksa manager memberikan pembinaan kepada yang berbeda dipringkat tengah karena bagaimanapun juga kehilangan karywan akan berdampak buruk.
2. Meberikan standar Pekerjaan yang jelas.
Harusla memeiliki ekspektasi yang jelas dari pkaryawan dan umpan balik yang jujur terhadap karyawan, Jiak sejak dari awal sudah menetukan sebuah standar yang jelas dan sitem penilayan terbuka dan jelas, maka dalam situasi seperti itu tidak ada yang perlu diherankan jika karyawan dengan kinerja buruk dalam peringkat terbawah, harus pergi.
3. Memberika Peringatan.
Memberikan sebuah peringatan terhadap karyawan kita jika mereka melakukan sebuah kesalah terhadap pekerjaan. jangan menunggu sampai kesalahn meraka membuat prusahaan kita rugi. peringatan ini kan memberikan sebuah efek yang sangat cukup baik, dengan begitu karyawan kita merakan diperhatikan apa yang ia keerjakan, merekapun akan meningkat jika kita memberikan peringatan dengan penjelasan yang dappat merka pahami dan di mengerti.
4. Menjaga Hubungan Pasca Pemecatan.
Jikia kita melakukan sebuah pemecatan dengan cara yang buruk kepada karyawan maka hal tesebut dapat mengakibatkan beberpa efek samping yang merugikan moral dan loyalitas dari sisa karyawan, lakukanlah dengan peroses yang baik dan kominikasi dengan karyawan dan seluruh personel prusahaan kita , supaya tidak ada yang merasa dirugikan agar pekerjaanakan tetap tetap terjaga dengan sangat baik.
Jika kita memecatkan karayawan dengan cara memalukan, maka karyawan yang lain akan berfikri mereka juga akan dipermalukan dengan hal yang sama, jika kita kebetulan memalukan seorang karyawan dan teman baik merka, maka mereka akan mulai membenci kita, Hal penting untuk kita sadari bahwa karyawan yang tersisa juga akan kawatir dengan nasib meraka, ini akan memperngaruhi kenerja time dan outpu mereka, dan tidak mungkin bahawa startup kita akan mengalami sebuah kemunduran yang sangat signifikan, hal tersebut terjadi..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar