Sabtu, 23 April 2016

5 Kesalahn Di Media Sosial Bisa Berdampak Buruk Pada Karir

Saat Ini Orang tidak hanya bersosial langsung bertemu muka saja, namun dengan adany media sosial, orang dimungkinkan beriteraksi meski tanpa bertemu secara langsung banyak hal yang bisa dilakukan dengan media sosial, tentu saja kita besikap bijak menggunkan media sosial.

Perlu kontrol dalam membuat status memberikan komentar ataupun membagikan konten tersebut melalui media sosial yang harus kita jaga, karena jika tidak hati-hati, kesalahan sederhana yang dibuat dimedia sosial bisa jadi pengaruh perkembangan karir kita sendiri.

Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan seorang memlalui akun media sosial. Dan seringkali mereka tidak sadar dengan apa yang ia lakukan tersebut sangan berpengaruh terhadap karirnya, Di bawah ini ada 5 kesalahan yang sering dibuat melalui media sosisial yang pengaruhnya pada karirseorang.


1. Menceritakan Proses wawancara Dalam Dunia Kerja Di media sosial. 

Wawancara dalam dunia kerja sebenarnya bukanlah proses yang boleh disebar luaskan kepada banyak orang, Apa lagi memposting segala informasi memngenai wawancara kerja, itu bukan suatu yang bagus, ini sering kali terjadi karena saking senangnya seorang bisa melalui tes wawancara dalam dunia kerja dengan baik lalu membuat hilang kontrol dan mengumbar semua informasi terkait dalam wawancara.

Dampak Buruk yang bisa terjadi ketika kita melakukan hal ini, bisa saja prusahaan menganulir keputusan menerima kita sebagai karyawan karena apa yng telah kita lakukan dengan menyebarkan informasi terkait wawncara dalam dunia kerja tersebut.

2. Melakukan Kebohongan Tentang keberadaan.

Saya kira kerap dilakukan oleh siapapun, padahal ini sangat riskan sekali dilakukan seorang pekerja atau karyawan prusahaan tersebut. Misalkan, Membuat status, menikmati kopi dipinggir pantai, padahal kita sebelumnya izin tidak masuk kerja karena sakit.

Apalagi dengan menambahkan fhoti otentik kita yang tengah menikamti kopi dipinggir pantai, sangat berbahaya untuk karir kita, sebaiknya kita harus mampu melakukan kontrol pada diri kita sendiri bagai mana cara bijak mengunakan media sosial.

3. Mengkritik Melalui di Media Sosial.

Fungsi yang bisa didapat dari pengguna akun media sosial, baik buruknya tergantung kita sendiri sebagai pengelola, usulan bahkan samapi kritik pun bisa diungkapkan melalui media sosila, Namun percayalah, Kritik dan usulan yang kita sampaikan melalui media sosial itu bukan sesuatu yang positif.

Sebaiknya jika memang kita emeiliki uneg-uneg sampaikan saja dengan profesioanla pada sebuah prusahaan, jangan mengkritik atau membicarakan prusahaan kita ruang pubik, itu akan membuat kita akan dinilai sebagai orang yang tidak berpedional oleh prusahaan tersebut dan itu bisa membuat karir kita menjadi terhambat.


4. Berkomentar Pada Menjurus Sara,

Berkomentar atu berstatus memlalui media sosial ialah hal dan kebebsan kita, namun jika kita menggunakan tanpa kendali mala akan sendiri yang akan kena akibatnya. Membuat atau memberikan komentar pedas bahkan sampai menjrus SARA, sangat berbahaya, Itu akan menjadi penilaian negatif dari prusahaan tempat kita bekerja.

Kebebasan berpendapat memang dijamin oleh negara. Namun menyampaikan pendapat dengan cara yang baik tentu akan lebih mencerminkan kapasitas dan kemapuan kita sendiri. Berpendapat dengan cara negatif hanya akan menunjukan seberapa cekak otak kita. Berhati-hatilah ketika berpendapat melalui media sosial.

5. Melakukan Provokasi Untuk Hal Negatif.

Memang kita tidak senang dengan kebijakan dari prusahaan, namun jangan sampai mengajak teman kerja lain untuk melakukan hal-hal negatif pada prusahaan tersebut. Apalagi mengajak melalui media sosila yang tentunya akan diketahui oleh banyak orang , itu buruk sekali.

Ada baiknya jika kita berdiskusi dengan cara yang elegan dengan prusaan kita. Berpikirlah yang bijak dan jangka panjang, jangan berpikir karena emosi sesaat saja, Cara berdiskusi dan dengarkan pendapat lebih jelas bisa mendinginkan suasana untuk bisa menghasilkan kebijakna yang lebih baik.

Itulah beberpa kesalahn dari pengguna media sosial yang perlu kita antisipasi. Usahakan jangan samapi kita melakukan hal itu semua.Semoga Bermanfaat untuk kita semua.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar